Walikota Pekalongan Membuka Kegiatan TMMD 2019

Walikota Pekalongan, H. M Saelani Machfudz pada tanggal 26 Februari 2019 kemarin membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap I Tahun 2019 Kodim 0710/Pekalongan yang diselenggarakan di Lapangan Panahan SMPN 14 Kota Pekalongan

Dalam Upacara yang mengusung tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional” tersebut, bertujuan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan. Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti ini diharap menjadi suatu kekuatan untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat.

Dalam sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Walikota Pekalongan, Gubernur Jateng berpesan untuk menggelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada dengan membangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa. Tidak hanya itu, program TMMD ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi. Dan yang tidak kalah penting, kita harus terus mendorong dan mendampingi masyarakat desa agar berkreasi serta berinovasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi desa agar lahir startup wirausaha sehingga masyarakat desa makin sejahtera.

Gubernur Jateng juga berharap TMMD kali ini bisa disisipkan program-program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme. mengingat maraknya hoax, bully dan ujaran kebencian yang muncul di tengah-tengah kehidupan kita dan berpotensi memecah belah bangsa. Dan perlunya edukasi masyarakat di tengah riuhnya revolusi industri 4.0, bijak bermedsos. Saring sebelum sharing. Masyarakat harus sadar arti penting persatuan dan kesatuan bangsa demi Indonesia Jaya.

“Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya. Desanya maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakatnya komplet, SDM-nya makin berkualitas unggul, mandiri, punya spiritualitas tinggi, nggak ada narkoba, kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat. Lan sing ora kalah penting, kabudayane tansah lestari. Harus bisa kita wujudkan bersama. Mari bersama kita bangun Indonesia mulai dari desa.” Pungkasnya.

Lokasi TMMD Tahap I tahun ini berada di Kecamata Pekalongan Selatan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kecamatan Pekalongan Barat.

Adapun sasaran kegiatannya meliputi Peningkatan beberapa jalan, Antisipasi Paham Radikalisme, Wawasan Kebangsaan, Parenting Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pemahaman terhadap Keluarga Berencana (KB) bagi usia subur, Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba bagi generasi muda, Kesiapsiagaan dan penanganan terhadap Bencana.