TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 Resmi Ditutup

Program Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 yang mengusung tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" yang menyasar sejumlah pekerjaan fisik dan non fisik di Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan resmi ditutup secara simbolis dengan Upacara Penutupan dan penyerahan hasil program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 dari Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditiya  kepada Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, berlangsung di Lapangan Kuripan Yosorejo setempat, Rabu (9/11/2022). Usai upacara, Walikota Aaf, didampingi Dandim Rizky, Wakil Walikota Salahudin,masing-masing bersama istri, Wakapolres Pekalongan Kota, , Kompol Priastutik, Sekda Kota Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih, Camat Pekalongan Selatan, Rusmani Budiharjo, Luran Kuripan Yosorejo, Nur Ahmad Ihsan dan jajaran Forkopimda lainnya meresmikan dan mengecek hasil TMMD tersebut sembari berdialog dengan warga setempat.

Program TMMD tersebut menyasar sejumlah pekerjaan fisik dan non fisik di Jalan Dwikora, Rt. 06 Rw. 06, Kelurahan Kuripan Yosorejo dengan dana APBD Kota Pekalongan sebesar Rp 300 juta. Adapun sasaran fisiknya yaitu pekerjaan peningkatan dan pengaspalan jalan volume: Panjang 251,4 m, Lebar 4 m dan Tinggi 30 cm dan pekerjaan 2 X Talut sandaran jalan volume dengan panjang 2 X 251,4 m, tinggi 50 cm dan tebal 30 cm. Sementara, untuk sasaran non fisiknya yakni wawasan kebangsaan, penyuluhan KB, bahaya narkoba, dan sosialisasi kesehatan lainnya.

Walikota Aaf menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan, Polri, dan segenap unsur masyarakat yang bahu membahu mendukung kelancaran program TMMD Sengkuyung ini. 

"Alhamdulillah, hasil TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 yang menyasar Kelurahan Kuripan Yosorejo ini sangat luar biasa bagus dan memuaskan," ucap Aaf.

Menurutnya, yang lebih luar biasa lagi, berdasarkan laporan dari warga, dalam pelaksanaan TMMD ini, guyub rukun antara warga dan TNI terjalin sangat baik, bahkan ketika program sasaran fisik maupun non fisik TMMD ini menjelang usai, para warga merasa rindu atas kerjasama dan kebersamaan selama sebulan lalu. Pihaknya berharap, program TMMD ini bisa terus dilanjutkan ke sejumlah wilayah lainnya yang perlu ditingkatkan pembangunannya.

"Ini sinergi TNI, Polri, pemerintah dan warga yang terjalin bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat langsung untuk masyarakat. Mudah-mudahan semuanya ini bisa membawa keberkahan dan manfaat yang besar bagi masyarakat yang wilayahnya disasar program TMMD  untuk memudahkan akses maupun aktivitas sehari-harinya," tegasnya.

Sementara itu, Dandim Rizky menjelaskan bahwa, hasil TMMD di Kelurahan Kuripan Yosorejo, salah satunya peningkatan jalan yang sudah bagus ini, diharapkan warga setempat bisa bersama-sama merawat hasil program TMMD ini dengan baik untuk kelangsungan hidup jangka panjang.

"Guyubnya antara TNI, Polri, dan masyarakat bisa terjalin terus ke depannya tanpa terputus suatu hal apapun," tandasnya.