TMMD Sebagai Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Pekalongan bersama Kodim 07/10 Pekalongan gelar acara penyuluhan sebagai bentuk serangkaian kegiatan TMMD non Fisik. Acara tersebut digelar di Kelurahan Poncol, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan pada hari Jumat, 5 Maret 2021. Adapun materi yang disampaikan yaitu Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan, yang disampaikan oleh Kepala bidang Kelembagaan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat DPMPPA Kota Pekalongan, Endarwanto, S.Km. dan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang disampaikan oleh Kapten ARM Tarsono.
 
Endarwanto mengungkapkan dalam pasal 78 UU NO 6 Tahun 2014 dijelaskan bahwa pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan  prasarana desa, pengembangan   potensi ekonomi local serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.
 
“Keberhasilan pelaksanaan pembangunan desa atau kelurahan bukan saja ditentukan oleh adanya peranan pemerintah saja melainkan juga tergantung dari peran serta atau partisipasi masyarakat. Dan pembangunan desa/kelurahan tersebut tidak akan dapat  tercapai apabila  masyarakat   dan  pemerintah tidak  saling bekerjasama untuk kemajuan desa/kelurahan.” Pungkas Endarwanto
 
Endarwanto juga menuturkan bahwa keberhasilan program TMMD di Kel. Poncol sangat tergantung partisipasi aktif masyarakat lokasi TMMD mulai tahap awal perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengawasan dan evaluasi  kegiatan pembangunan kelurahan.
 
Dalam paparannya, Kapten Tarsono mengungkapkan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting bagi masyarakat karena keberadaannya sebagai landasan konsepsional pemersatu bangsa.
 
Kapten Tarsono berharap agar masyarakat senantiasa menumbuh kembangkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, hayati dan pahami secara utuh butir-butir wawasan kebangsaan seperti rasa, paham, dan semangat kebangsaan, dan bina terus semangat kebangsaan, persatuan, dan kesatuan bangsa.