PERKUAT KAPASITAS LPM KELURAHAN, DPMPPA BEKERJASAMA DENGAN DISPERMADESDUKCAPIL & KB PROV. JAWA TENGAH SELENGGARAKAN BIMTEK BAGI LPM KELURAHAN SE-KOTA PEKALONGAN

Pemberdayaan Masyarakat adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan mempunyai peranan yang sangat penting perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan di kelurahan.
Kegiatan Bimtek bagi LPM Kota Pekalongan ini dibuka oleh Walikota Pekalongan A. Afzan Arslan Djunaid bertempat di Ruang Amarta kantor Setda Kota Pekalongan. Dalam sambutan pembukaannnya, Aaf berpesan kepada seluruh peserta Bimtek LPM agar mengikuti dan menyimak betul-betul materi yang diberikan narasumber sebagai bekal dalam menjalankan organisasi LPM di kelurahan sebagai mitra kerja kelurahan. 4/8/2022

Kabid. Pemberdayaan Masyarakat Desa Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Dedy Setiawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Bimtek LPMK ini merupakan rangkaian kegiatan Dispermadesdukcapil & KB Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di 5 (lima) kabupaten/Kota, termasuk Kota Pekalongan yang dalam kesempatan ini bekerjasama dengan DPMPPA Kota Pekalongan”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada LPMK tentang tugas, peran dan fungsinya sebagai lembaga kemasyarakatan sesuai dengan yang diamanatkan PermendagriNo. 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa (LKD & LAD). Meskipun aturan ini untuk wilayah pedesaan, namun demikian berlaku mutantismutandis bagi pembentukan lembaga kemasyarakatan di wilayah kelurahan, tambah Pak Dedy (sapaan akrabnya).

Narasumber Bimtek ini antara lain : Saumi dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Prov. Jateng, Sabaryo Pramono dari DPMPPA Kota Pekalongan, Cayekti Widigdo dari Bappeda Kota Pekalongan, dan selaku moderator adalah Mualim dari Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat DPMPPA Kota Pekalongan.
Materi Bimtek LPMK antara lain :
  1. Kebijakan Pemerintah Kota Pekalongan dalam Penguatan Kelembagaan LPMK oleh Kepala DPMPPA Kota Pekalongan, Sabaryo Pramono. Dalam paparannya menyampaikan bahwa “sedikitnya ada 5 hal yang perlu dilakukan dalam upaya kemandirian LPM yaitu: 1) pemetaan LKK (LPM); 2) peningkatan kapasitas LKK melalui pelatihan/bimtek/rapat koordinasi; 3) Optimalisasi tenaga pendamping; 4) pola koordinasi dengan LKK didekatkan pada lokasi sesuai tingkatannya, dan; 5) kemitraan”.
  2. Tahapan Perencanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan oleh Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Cayekti Widigdo bahwa “LPM mempunyai peluang dalam program kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan” mulai dari proses perencanaan, proses pembangunan, sampai pengawasan”
  3. Pendalaman Tugas Pokok dan Fungsi LPMK oleh Tenaga Ahli Provinsi Jawa Tengah, Saumi, menekankan bahwa “LPMK mempunyai tugas menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, jadi bukan menampung dan mewujudkan aspirasi masyarakat tersebut”
Kegiatan Bimtek ini dilanjutkan tanya jawab sebagai bentuk feedback atas materi yang dipaparkan oleh para narasumber.
Selanjutnya Bimtek ditutup secara resmi oleh Ka.Bid Pemberdayaan Masyarakat Desa Dispermadesdukcapil & KB Prov. Jateng, Dedy Setiawandan menyampaikan pesan mudah-mudahan kegiatan Bimtek kali ini bermanfaat bagi Kota Pekalongan pada khususnya dan bagi Jawa Tengah pada umumnya.