Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Pendukung Penyelenggaraan Pendidikan Karakter

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan, Bapak Endro Purwiyatso, SIP. Pada hari ini, Selasa, 5 Maret 2019, mewakili kepala dinas DPMPPA menjadi narasumber pada Forum Perangkat Daerah Tahap II yang bertempat di Ruang Kalijaga Sekretariat Daerah Kota Pekalongan

Materi yang akan disampaikan, Sekretaris DPMPPA mengangkat tema “PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK PENDUKUNG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KARAKTER”.

Untuk mengusung isu strategis tersebut telah ditetapkan arah kebijakannya yaitu meningkatkan kemandirian perempuan serta meningkatkan komitmen dan kompetensi pemberian layanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Adapun strategi yang diterapkan yaitu meningkatkan pengarusutamaan gender dan meningkatkan sinergitas dan jejaring unit-unit layanan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dalam materinya, Sekdin juga menyampaikan beberapa upaya yang harus ditempuh dalam mewujudkan Kota Layak Anak, yaitu dengan cara membangun komitmen bersama para pemangku kebijakan dan stakeholder terkait, adanya pendampingan Kampung Ramah Anak (KRA), adanya pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA), advokasi Sekolah Ramah Anak (SRA), Sosialisi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Sosialisi pencegahan perkawinan anak, dan lain sebagainya.