Pembekalan Kader Pendamping Ketahanan Keluarga Kota Pekalongan

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan terus menggeliat menunjukan kepeduliannya terhadap kehidupan anak-anak di wilayahnya, salah satunya melalui kegiatan Pengukuhan sekaligus Pembekalan Kader Pendamping Ketahanan Keluarga di Kota Pekalongan pada hari Rabu tgl 9 Maret 2022 Pukul 09.00 Wib. Acara tersebut di hadiri oleh Walikota Pekalongan, H.A. Afzan Arslan Djunaid, S.E di damping Ketua PKK Ibu Inggit Soraya, S.Sn. dan Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Bapak Sabaryo Pramono, S.Sos, M.Si.

Bapak Aaf menyampaikan, bahwa kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, tepatnya pada akhir Januari lalu. Dimana, TP. PKK Kota Pekalongan telah menggagas program inovasi dengan hastag #1001KaderPendampingKetahananKeluarga, yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi para Kader Pendamping Ketahanan Keluarga di masing-masing wilayah.

Karena memang, saat ini Pemerintah Kota Pekalongan sedang gencar-gencarnya untuk membuka pemahaman dan pengetahuan warga dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan, melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat, sebagai bentuk upaya pencegahan, pengurangan resiko, melalui peningkatan ketahanan keluarga dan menciptakan kelurahan yang ramah terhadap perempuan dan peduli anak. Keluarga sendiri, merupakan unit terkecil dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat. Keluarga kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak bagian dari interaksi sosial sehari-hari kebanyakan orang. Keluarga merupakan sumber pendidikan utama bagi anak. Tak ayal, jika dikatakan bahwa anak mempelajari hal-hal dasar dari dalam rumah terlebih dahulu. Maka dari itu, ketahanan keluarga dianggap sebagai pilar ketahanan nasional. Ketahanan dalam keluarga menggambarkan interaksi dan komunikasi antar individu yang harmonis dan sejahtera secara fisik maupun psikis.

Dalam rangka meningkatkan kerjasama dan mensukseskan program Pemerintah Kota Pekalongan dengan TP. PKK Kota Pekalongan melalui Kegiatan Pembekalan Kader Pendamping Ketahanan Keluarga serta Program Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak, sekaligus Pengukuhan Pengurus Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Jawa Tengah dengan Pemerintah Kota Pekalongan