Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan Perkawinan Anak

Pemerintah Kota Pekalongan melalui DPMPPA Kota Pekalongan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kader pemberdayaan masyarakat dalam rangka pencegahan perkawinan anak. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Februari 2023 yang bertempat di Ruang Jawa Hokokai  Setda Kota Pekalongan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala DPMPPA Kota Pekalongan Sabaryo Pramono, S.Sos., M.Si dan dihadiri oleh Lebe Kelurahan se Kota Pekalongan dengan Narasumber, Nur Agustina, S.Psi., MM Psikolog / Kabid Pemberdayaan Perempuan, Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Perempuan dan Anak) dengan yang membawakan materi bertemakan “Pencegahan Perkawinan Anak”.

“Rapat pada pagi ini dianggap urgen dikarenakan pada bulan Januari ini sudahada 6 (enam) kasus yang masuk di LP-PAR terkait permohonan dispensasi kawin, 4 orang diantaranya sudah hamil dahulu. Dispensasi kawin karena hamil duluan oleh catin muda ini juga merupakan salah satu tingginya angka stunting di Kota Pekalongan.“ tutur Sabaryo.

Sabaryo juga mengungkapkan bahwa selain itu banyak juga oknum-oknum di Kota Pekalongan yang menikahkan pasangan secara siri dikarenakan persyaratan administrasi yang cukup ketat untuk menikah secara resmi di KUA. Diharapkan para lebe sebagai garda terdepan dalam urusan pencatatan pernikahan dapat turut serta dalam mencegah apabila adanya pasangan usia anak yang mengajukan pernikahan.