DPMPPA Selenggarakan Rakor Persiapan Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Tahun 2023

Menindaklanjuti Surat Plh. Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi JAwa Tengah, Nomor : 449.4/785, Hal : Lomba Pelaksanaan Terbaik Posyandu Tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan melaksanakan Rakor Persiapan Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023. Rapat yang dilaksanakan di Ruang Jawa Hokokai pada Rabu, 29 Maret 2023 dihadiri oleh Bappeda, Dinkes, Dinsos P2KB, Camat Pekalongan Utara, TP PKK Kota Pekalongan, Puskesmas Kusuma Bangsa, Lurah Kandang Panjang, TP PKK Kelurahan Kandang Panjang dan Kader Posyandu Koncono Ungu Kelurahan Kandang Panjang. 

Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Kegiatan utama dari posyandu yaitu mencakup kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, pencegahan dan penanggulangan diare, Pos Pendidikan Anak Usia DIni dan berbagai program pembangunan masyarakat lainnya.

Diadakannya Lomba Posyandu Tingkat Provinsi ini bertujuan untuk : (1) Mendorong dan meningkatkan motivasi, kinerja dan semangat kader, pengelola dan pembina posyandu dalam mengembangkan dan memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarkat melalui pendekatan promotif dan preventif kesehatan sejak dini. (2) Terpilihnya pelaksana terbaik Posyandu tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk kategori kabupaten/kota. (3) Salah satu strategi untuk mendorong pengelolaan Posyandu untuk menjadi lebih baik serta masyarakat dapat secara optimal dalam mendayagunakan dan memanfaatkan posyandu sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar di lingkungannya. (4) Ditemu kenalinya ide dan inovasi baru dalam meningkatkan dan mengembangkan posyandu di Jawa Tengah. (5) Meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui kegiatan pemilihan pelaksana terbaik posyandu di masing-masing tingkatan.

Pada lomba posyandu ini sasaran lomba yaitu satu kecamatan dari kabupaten/kota tersebut dan satu desa/kelurahan dalam kecamatan tersebut. Untuk Kota Pekalongan diwakili oleh Posyandu Kencono Ungu yang berasal dari Kelurahan Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara dimana posyandu tersebut merupakan pemenang lomba posyandu tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022. 
Adapun Tahapan dan waktu pelaksaan kegiatan Lomba Posyandu dilaksanakan antara lain : 
1. Pengiriman berkas laporan dari kabupaten/kota ke provinsi s.d 28 April 2023
2. Seleksi awal untuk menentukan nominasi s.d 31 Mei 2023
3. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 15 Juni 2023
4. Paparan lomba yang masuk dalam nominasi pada tanggal 4 s.d 5 Juli 2023
5. Pelaksanaan penilaian lapangan oleh Tim Provinsi ke kabupaten/kota pada tanggal 10 s.d 18 Juli 2023
6. Pengumuman Pemenang Lomba pada tanggal 5 Agustus 2023.
Dengan diadakannya rapat koordinasi ini diharapkan OPD/lembaga terkait dapat bersinergi dan berkolaborasi serta saling berperan dalam tahapan persiapan pengiriman dokumen administrasi. Serta mempersiapkan segala sesuatu untuk dapat mengoptimalkan hasil evaluasi posyandu tahun 2023.